Senin, 06 Oktober 2014

TULISAN 1_CARA BERKOMUNIKASI YANG BAIK DENGAN PEMBELI



CARA BERKOMUNIKASI YANG BAIK DENGAN PEMBELI
Komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli itu yang diperlukan. Komunikasi pemasaran kadang diabaikan oleh beberapa pembisnis. Mereka hanya menjual saja produk tanpa berkomunikasi baik langsung maupun tidak langsung pada pembeli atau konsumennya. Padahal banyak sekali keuntungan jika para pembisnis sebagai penjual mampu berkomunikasi baik dengan konsumennya. Dalam dunia perdagangan kita mengenal istilah pembeli adalah raja. Banyak pembeli yang salah mengartikannya sebagai pemakluman yang harus diberikan kepadanya jika mereka meminta pelayanan yang terlalu berlebihan. Pembeli terkadang memang tidak mau tahu tentang apa yang terjadi pada toko tersebut. Yang mereka ketahui adalah bahwa sebagaia pembeli, mereka harus diperlakukan dengan sebaik-baiknya dan pantang dikecewakan.
Sarana dalam komunikasi pemasaran di antaranya:
• Face to Face
Komunikasi pemasaran satu ini merupakan komunikasi secara langsung yang dilakukan penjual kepada pembeli. Bila anda menjalankan komunikasi ini maka sering terjadi kendala pada waktu dan biaya sehingga komunikasi langsung ini kadang tidak di minati para marketer bisnis
• Media cetak
Media cetak juga bisa digunakan untuk komunikasi pemasaran produk. Dengan menggunakan media cetak seperti brosur, surat kabar atau koran, majalah , spanduk, sticker anda bisa melakuakn promosi sebagai komunikasi pemasaran kepada konsumen anda. Cara ini sering digunakan pebisnis untuk mendapatkan simpati dari konsumen.
• Internet
Internet merupakan sarana Komunikasi pemasaran yang hebat dan hampir semua pebisnis menjalankan pemasarannya melalui internet. Internet lebih mudah menginformasikan produk dan internet memiliki jumlah pengguna yang banyak.
Dengan komunikasi pemasaran antara pengguna internet dan penjual di internet maka akan terjadi interaksi yang baik sehingga produk mudah diperkenalkan kepada konsumen. Jika dibandingkan dengan media lainnya komunikasi lewat internet jauh lebih baik daripada lainnya.
Dengan menerapkan Komunikasi pemasaran dengan cara di atas maka banyak sekali keuntungan bagi penjual. Berikut beberapa fungsi dari komunikasi pemasaran:
• Menginformasikan kepada konsumen tentang suatu produk yang di jual seperti bagaimana, apa dan mengapa mereka harus membeli produk tersebut.
• Memperkenalkan citra perusahaan atau nama perusahaan pada konsumen
• Meningkatkan penjualan produk dengan cepat dan tepat.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita menawarkan sebuah produk :
  • Masukkan informasi ganda, antara sisi kekuatan dan kelemahan produk dari pesaing. Dengan catatan bahwa konsumen kita mengetahui informasi produk dari pesaing kita. Jadikan kelemahan produk kita sebagai kekuatan dan lemahkan kekuatan produk pesaing. Misal, ketika kita berjualan es krim, kekuatan produk kita pada bahan organik yang dipakai, sedangkan kekuatan produk pesaing dari harga yang lebih murah, kita dapat membuka kalimat penawaran dengan “Anda tahu bahwa kami menggunakan bahan organik, jadi es krimnya lebih sehat, saya tahu bahwa produk yang lain lebih murah tetapi apakah menjamin kualitasnya?” Ingat bahwa kita harus memastikan bahwa konsumen juga mengetahui informasi produk dari pesaing, apabila tidak, maka secara tidak langsung kita justru memasukkan informasi pesaing kita yang dapat mempengaruhi pemikiran konsumen. “Mengapa saya harus beli disini, disana lebih murah kok”, seperti itu misalnya yang akan terjadi bila kita teledor.
  • Masukkan informasi satu arah, tunjukkan kelebihan produk kita saja. Dalam hal ini kita harus pastikan bahwa konsumen tidak mempunyai informasi dari produk pesaing, sehingga kita hanya menawarkan kelebihan produk kita.
  • Tampilkan alasan yang masuk akal dan berkaitan dengan fungsi dari produk yang kita tawarkan. Ada dua cara penyampaian alasan kelebihan dari produk kita, yang pertama sampaikan kalimat perintah dahulu baru setelah itu alasannya, atau yang kedua alasannya dahulu baru kalimat permintaannya. Misal, “Anda harus membeli es krim saya ini…” alasan: “karena es krim ini dari bahan organik yang menyehatkan dan tidak membuat anda sakit tenggorokan.” Atau bisa dibalik seperti ini, ” Es krim ini terbuat dari bahan organik, menyehatkan, dan tanpa bahan pengawet, tidak akan membuat tenggorokan anda sakit..”, kalimat perintahnya, “Oleh karena itu anda harus membeli es krim ini.” 
  • Tunjukkan keuntungan selain manfaat yang diperoleh dari produk kita. “Es krim ini terbuat dari bahan organik, sehingga tanpa bahan pengawet dan menyehatkan” (manfaat); “Es krim ini tidak membuat sakit tenggorokan dan tidak membuat anda gemuk” (keuntungan). Kedua langkah diatas apabila berhasil dijalankan, jangan melupakan langkah ketiga yaitu pelayanan yang memuaskan. Ketika seseorang membeli sebuah produk maka kita wajib untuk memberi pelayanan purna jual, adakan garansi! Ini hal yang penting karena dengan garansi, kita dapat menjaga kepercayaan dari konsumen kita. Ingat, menjual adalah kegiatan yang penuh dengan nilai seni, jangan dianggap sebagai sebuah aktivitas yang kaku atau ala kadarnya saja. Tingkatkan kemampuan anda dalam menjual dan anda akan menerima manfaat yang besar, tidak hanya dalam dunia marketing saja tetapi dalam kehidupan anda sehari-hari, baik ketika menawarkan produk barang dan jasa, maupun saat menawarkan ide atau gagasan kita.

SUMBER :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar