CARA MENJAGA ETIKA
BISNIS
Setalah masuk kedunia bisnis kita
harus tahu apa strategi
pemasaran bisnis. Stategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif
yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna
mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen
secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah
penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.
Dengan adanya sebuah strategi
yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol,
dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja.
Strategi pemasaran juga
dilakukan agar tercapainya proses
marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing
yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul
berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda.
Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan,
memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan
keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang
dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Strategi yang diharapkan adalah
cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa
lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan,
disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi
salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang
baik.
Mengoptimalkan upaya dan
strategi pemasaran merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi kesuksesan
usaha bisnis Anda, oleh karena itu, jangan sepelekan strategi pemasaran.
Rancang dan upayakanlah sedemikian rupa agar pelanggan tidak bosan dengan
gaya-gaya Anda dalam memasarkan produk.
Berikut adalah cara-cara yang
efektif menjaga etika dalam bisnis :
Kenalilah pelanggan Anda. Identifikasi
target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang
efektif. Anda dapat membidik pasar di kelompok usia 15—30 tahun jika Anda ingin
memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok
usia 20—35 tahun jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan
mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu
dan biaya yang sia-sia.
Lakukanlah promosi. Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk
bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut
konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan
tidak merasa bosan. Misalnya, setiap kali bepergian, bawalah brosur, pamflet,
atau leaflet berisi produk bisnis Anda untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau
Anda dapat menyebarkan brosur tersebut di tempat umum. Buatlah status di
jejaring social yang berkaitan dengan produk Anda, atau Anda mungkin dapat
mengirim sms kepada teman-teman Anda terkait dengan produk tersebut. Dengan
berbagai usaha tersebut, dengan sendirinya, Anda akan menemukan pelanggan yang
membutuhkan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
Pilih lokasi yang strategis. Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
Gunakan internet marketing. Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Apa pasal? Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet. Anda dapat memasang foto, berinteraksi langsung dengan pelanggan, bahkan menggelar berbagai promo menarik bisa Anda lakukan.
Jalin hubungan dengan pelanggan. Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Konon, biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain. Joe Girard, seorang salesman terkemuka di dunia otomotif, mengatakan bahwa kunci suksesnya adalah selalu memelihara hubungan yang baik dengan pelanggannya.
The Power of Focus. Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple focus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.
Kreativitas cara marketing. Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar