Sabtu, 06 Desember 2014

TULISAN 10_TIPS MEMULAI USAHA BUTIK



TIPS MEMULAI USAHA BUTIK
Untuk membuka usaha butik bagi para pemula itu masalah yang mudah, karena banyak hal yang harus dipelajari terlebih dahulu untuk memulainya. Pemasukkan dan pengeluran terkadang tidak stabil untuk itu ada beberapa tips yang harus di pelajari :
·         Pengetahuan Anda tentang calon pembeli dan kondisi pasar dengan produk sejenis. Jika Anda buta kekuatan calon competitor serta Anda kurang informasi tentang pasar, maka sebaiknya Anda mempelajari hal-hal tersebut lebih dalam lagi dan menunda bisnis baju butik Anda.
·         Anda harus mengetahui segmentasi pasar Anda sendiri. Pemakai baju butik adalah orang-orang dengan kekhususan selera. Mereka bukanlah orang-orang yang cukup puas dengan baju berlabel di toko-toko terkemuka dengan harga mahal. Buat mereka, harga mahal bukan jaminan, akan tetapi keistimewaan desain adalah yang utama. Anda juga harus menentukan, di pasar mana baju butik Anda akan bertarung. Sebagian pengusaha memilih butik muslim sebagai target market. Pilihan ini cukup cerdas mengingat setidaknya, ada musim-musim tertentu dimana baju-baju muslim akan menjadi buruan, seperti masa sebelum lebaran.
·         Berhubungan dengan nomor dua, Anda harus memiliki desain yang istimewa yang cukup kuat untuk menarik banyak calon pembeli. Calon pembeli harus memiliki pilihan yang istimewa. Tanpa desain yang istimewa, butik Anda tidak akan ada bedanya dengan butik lain.
·         Pertimbangkan kembali biaya produksi butik Anda. Jika membuka butik biasa terlalu mahal, tidak ada salahnya Anda mencoba membuka butik online. Cara ini akan membantu Anda menghemat banyak biaya produksi seperti sewa tempat, desain venue dan gaji penjaga. Jika Anda memutuskan berjualan dengan butik online, pelajari terlebih dahulu banyak hal tentang butik online, termasuk masalah SEO, pagerank dan lain-lainnya yang akan menentukan ‘terkenal’ tidaknya butik Anda.
·         Memiliki sistem. Anda harus punya sistem yang baik dalam usaha butik anda. Catat semua administrasi anda mulai dari modal usaha, pemasukan, stock barang, ataupun uang keluar masuk. Jika anda punya budjet lebih anda bisa memperkerjakan staff untuk membantu mengelola usaha butik. Anda hanya mengontrol dan  mengawasi. Selalu catat semua transaksi yang terjadi.

SUMBER :




TULISAN 9_Tips Cara Sukses Memulai Bisnis Kuliner



Tips Cara Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Suatu bisnis bisa berawal dari hobi, contohnya hobi makan, kuliner, dan lain-lain. Pada dasarnya, bisnis kuliner ini melibatkan segala bidang seperti pengadaan peralatan dan bahan mentah, control kualitas, inovasi menu, strategi harga dan banyak lagi yang lainnya.
Sebelum memulai usaha kuliner, ada baiknya Anda untuk mempelajari terlebih dahulu apa saja hal yang perlu diperhatikan, di antaranya :

1. Belajar ke orang yang sudah berpengalaman dan mempraktekkannya.
2. Mengidentifisikasi produk.
3. Standarisasi resep, rasa dan meyakini kemampuan
4. Membentuk tim.
5. Pemasaran produk.
6. Melakukan Riset
7. Menjual Menu yang Beda Dari Yang Lain
8. Perhatikan Harga Jual Daerah Sekitar Tempat Usaha
9. Perhatikan Permintaan Pelanggan
10. Jaga Kebersihan Tempat Usaha
11. Buat Jam Operasional Tetap
12. Tentukan Faktor Ketersediaan Bahan Baku
13. Tentukan Konsep Restoran dan Pelanggan Potensial Anda
14. Pilih Menu yang Merupakan Kekuatan Anda
Sumber :


Jumat, 05 Desember 2014

TULISAN 8_Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil.




Disini ada beberapa tips atau cara bagaimana memulai usaha dengan modal kecil dan bagi para pemula. Berikut caranya :
Pertama, Anda bisa mencari ide usaha tanpa modal. Sebagian dari kita mungkin belum percaya bila bisnis tanpa modal itu memang benar-benar ada. Contohnya saja seperti menjadi pemasar atau reseller sebuah produk hanya dengan bekal katalog atau foto produk. Bisnis reseller produk ini memang belakangan mulai berkembang pesat, terutama setelah angka penggunaan gadget dan internet di kalangan masyarakat mulai meningkat.
Kedua, mulailah dari modal yang Anda miliki. Dalam hal ini modal yang digunakan tentu tak selamanya berupa modal uang. Ketika modal usaha yang Anda miliki terbilang cukup minim, maka alternatif berikutnya yang bisa Anda manfaatkan yaitu dengan mengoptimalkan modal yang telah Anda miliki. Contohnya saja bila Anda memiliki kemampuan dalam hal memasak, maka Anda bisa merintis usaha yang berhubungan dengan bisnis makanan. Misalnya membuat snack jajanan pasar dan menitipkannya di warung-warung yang ada di sekitar rumah Anda.
Ketiga, manfaatkan peralatan seadanya. Ketika hendak merintis sebuah usaha, tak selamanya peralatan yang Anda gunakan harus baru dan serba canggih. Untuk menyiasati minimnya modal, Anda bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang ada di rumah Anda. Contohnya saja seperti memanfaatkan garasi atau teras rumah sebagai lokasi usaha, atau bisa juga memanfaatkan perabot di dapur sebagai alat produksi.
Keempat, pilihlah alat pemasaran yang gratisan. Kendati modal Anda cukup minim, namun sebagai pelaku usaha Anda harus tetap memperhatikan strategi pemasaran usaha. Sebab, tanpa pemasaran dipastikan bisnis Anda tak bisa berjalan dengan seimbang. Karenanya untuk menyiasati minimnya modal, Anda bisa memanfaatkan social media yang menawarkan cara pemasaran secara gratis. Mulai dari Facebook, Twitter, Google Plus, sampai website gratisan seperti wordpress ataupun blogspot.
Kelima, belanjakan modal Anda dengan bijak. Mengingat modal usaha yang Anda miliki sangat terbatas, maka sebaiknya belanjakan modal Anda dengan bijak. Hindari pembelian barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Buatlah rencana belanja dengan bijak agar tak salah langkah dalam mengelola modala usaha.
Bebarapa tips bagi pemula :
Berbisnis itu akan menjadi lebih mudah jika Anda menyukai perubahan.
Ide usaha Anda itu tidak harus selalu sesuatu yang baru. Ingat yang terpenting adalah ide Anda harus lebih baik.
Jika anda tidak mau belajar keterampilan dan keahlian yang diperlukan oleh bisnis tersebut.
Sebetulnya tujuan hidup yang sedang Anda perjuangkan. Ingat bisnis Anda adalah seperti kendaraan yang akan membawa Anda sampai ketujuan.
Kamu akan belajar banyak jika pakai uangmu sendiri untuk menjalankan usaha
Lokasi itu penting, namun jika keterampilan dan modal pas-pasan lokasi usaha tidak harus selalu strategis.
Anda harus melakukan riset pasar apa kebutuhan, keinginan, permintaan dan bagaimana daya beli calon konsumen Anda
memulai usaha tidak harus menunggu semua sempurna. Usaha kecil atau usaha besar bukanlah ukuran keberhasilan. Yang terpenting adalah langkah nyata Anda.

SUMBER :








TULISAN 7_KUNCI SUKSES MENJADI WIRAUSAHA



KUNCI SUKSES MENJADI WIRAUSAHA
Menjadi seorang wirausaha merupakan pekerjaan yang menyenangkan, namun ada beberapa tips untuk menjadi wirausaha yang sukses. Berikut kunci suksesnya :
1. Jangan takut rugi
Pasti semua orang takut memulai bisnis karena mereka takut rugi, uang yang mereka dapatkan belum pasti jumlahnya. Berbeda dengan bekerja di kantor yang memiliki gaji yang pasti diterima setiap bulan dengan jumlah yang sudah diketahui.
Ketakutan itulah yang membuat sebagian orang mundur dan mengurungkan niat mereka menjadi pengusaha. Semua bisnis pasti mengalami kerugian, terutama di awal merintis. Ingatlah bahwa tidak ada satu pun bisnis yang selalu untung, pasti selalu terdapat untung dan rugi dalam berbisnis.
Oleh karena itu, pahamilah bahwa semua pengusaha sukses berawal dari keberanian mereka dalam mengambil risiko merugi hingga mereka mendapatkan suatu keuntungan.
2. Pelajari minat Anda
Bisnis apapun itu, haruslah bisnis yang sesuai dengan minat Anda sehingga Anda memiliki semangat dan kemampuan yang lebih dalam menjalankannya. Misalnya saja Anda menyukai teknologi, bisnis jual beli handphone atau komputer dapat menjadi pilihan Anda.
Minat Anda adalah passion yang dapat membuat Anda bahagia ketika Anda melakukannya. Bahkan saat Anda mengalami masa-masa sulit atau bahkan mengalami kerugian, Anda memiliki kekuatan lebih untuk bertahan karena Anda mencintai apa yang Anda kerjakan dan ingin terus melakukannya.
3. Temukan peluang
Menemukan peluang dalam hal ini adalah menjadi peka terhadap apa yang menjadi permintaan masyarakat dalam suatu lingkungan. Misalnya saja akan dibangun sebuah gedung sekolah baru, maka peluang yang muncul adalah membuat usaha jasa fotokopi, warung makan atau toko buku. Dalam menemukan peluang dan ide bisnis, diperlukan kepekaan dan insting yang tinggi.
4. Lakukan studi kelayakan bisnis
Perencanaan dan studi kelayakan bisnis perlu Anda rencanakan karena hal tersebut merupakan pondasi awal yang menentukan kuat atau tidaknya bisnis Anda di kemudian hari.
Apa yang perlu Anda pertimbangkan adalah pertanyaan seputar : Apa, dimana, kapan dan bagaimana usaha Anda akan dijalankan. Pertanyaan tersebut perlu dicari tahu jawabannya. Mungkin Anda memiliki beberapa pilihan usaha yang ingin dijalankan.
Buatlah kerangka bisnis Anda, prediksi pengeluaran dan pemasukan yang bisa Anda raih dari masing-masing pilihan bisnis dan pilihlah yang paling tinggi keuntungannya serta paling cepat pengembalian modalnya.
5. Jangan putus asa
Tidak mudah putus asa adalah kunci sukses berbisnis. Mengapa? Karena membangun sebuah bisnis pasti sangatlah sulit bahkan kadang merugi di masa awal perintisan.
Semua bisnis besar adalah bisnis yang berhasil melalui masa-masa gelap mereka. Kegigihan para pebisnis membawa bisnis tersebut pada masa kejayaan. Oleh karena itu, tempalah semangat Anda dan kuatkan mental Anda sehingga Anda jadi manusia yang tidak mudah menyerah.
6. Pengetahuan khusus
Anda harus memiliki pengetahuan khusus terkait dengan bisnis yang akan jalankan. Tanpa mengetahui seluk-beluk produk atau dinamika market tertentu, Anda menempatkan diri Anda pada kegagalan. Kurangnya pengetahuan akan membuat keputusan yang buruk dan belajar dari kesalahan yang mahal bukanlah hal yang mudah bagi pengusaha. Ketika Anda men-set bisnis, hanya ada satu peluang yang sempit – satu atau paling banyak dua tahun – dimana Anda harus sukses sebelum Anda kehabisan sumber atau energi. Terlepas dari pengetahuan khusus, Anda juga harus memahami dasar area dan perdagangan bisnis Anda dengan cepat, mulai dari akun dan administrasi sampai marketing dan produksi.


7. Percaya diri
Meluncurkan bisnis baru adalah perjuangan dan tanpa kepercayaan diri dan kemampuan untuk melihat situasi, maka akan mudah hancur. Karyawan merefleksikan moral pengusaha dan jika mereka merasa Anda tidak jujur atau tidak aman, mereka akan menjadi gelisah dan tidak ada motivasi. Anda harus belajar menyimpan ketakutan dan kecemasan dalam hati dan merefkeksikannya secara personal. Dihadapan publik, Anda harus menjadi figur yang tenang dan percaya diri.

8.  Keuletan
Kemampuan untuk melihat situasi adalah kualitas yang dimiliki pengusaha sukses. Orang yang demikian mampu bertahan dalam kondisi bisnis yang tidak menentu dengan keteguhan dan keuletan. Kemauan yang kuat lebih diperlukan di tahap awal usaha, bahkan ketika goncangan kecil terjadi dalam bisnis. Pengusaha harus belajar untuk bangkit dari kegagalan yang dihadapi.

9.  Motivasi yang tepat
Mengapa Anda ingin memulai usaha Anda ? Apakah semata-mata untuk menghasilkan banyak uang sehingga Anda bisa membeli kondominium? Apakah ada sesuatu yang lebih tinggi yang mendorong Anda ? Pengusaha yang memiliki motivasi lebih tinggi daripada nilai sekedar kaya cenderung membangun bisnis yang bisa bertahan lama. Mereka di dorong oleh keinginan untuk menciptakan sesuatu yang berharga. Mereka memberikan benefit di lingkungannya dengan memberikan produk dan jasa yang unik atau melakukan sesuatu dengan cara yang lebih baik sehingga memberikan kesejahteraan bagi setiap orang. Tentu, mereka juga menjadi kaya secara signifikan, tapi ini yang jarang dijadikan motivasi utama.

10  Kreatifitas dan inovasi
Kreatifitas adalah kemampuan memberikan solusi unik dari permasalahan. Pengusaha sukses mengadopsi teknik pemecahan masalah yang kreatif untuk menghadapi tantangan. Pemikiran kreatif dan inovatif yang demikian diperlukan di semua area, dari mengisi kekosongan pasar, dan memvisualisasikan produk dengan sistem dan prosedur yang lebih efisien dan biaya yang efektif. Terkadang, hanya diperlukan satu ide bagus untuk mengubah keberuntungan bisnis dan mengeluarkan produk yang bagus.

11. Pandangan Strategik
Tidak ada pengusaha yang sukses tanpa pandangan stratejik terhadap perubahan banyak hal. Langkah apa yang harus diambil dimasa datang? produk baru apa yang diluncurkan ? haruskah operasional dikonsolidasikan atau ekspansi ? investasi uang atau membangun modal cadangan ? apa langkah kompetitor selanjutnya ? akankah terjadi penurunan ekonomis ? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut tergantung pada pandangan stratejik pengusaha. Pengusaha yang sudah lama malang-melintang di dunia bisnis memiliki pengalaman tersebut atau hanya dengan mengandalkan memiliki peluang yang bagus untuk sukses karena mereka bisa merasakan kemana arah angin bertiup dan akan mengarahkan kemudi di arah angin.

12. Kepemimpinan
Seorang pengusaha harus bisa menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan adalah kualitas yang memberikan panduan dan inspirasi bagi mereka yang melihat ke arah Anda. Banyak orang yang beruntung terlahir dengan kualitas kepemimpinan. Bagi yang lain, merupakan keterampilan yang didapat dari kerja keras dan pengalaman. Bagaimanapun, tidak ada pengusaha berhasil tanpa kualitas kepemimpinan untuk memotivasi orang yang bekerja dengannya, dorong mereka untuk memberikan yang terbaik dan tentukan arah kemana mereka melangkah.

13. Menghilangkan ego
Pengusaha dengan ego yang tinggi tidak bisa menghargai pandangan orang lain kecuali pandangannya sendiri. Mereka mudah tersinggung dan orang yang berbakat akan kesulitan bekerja dengannya. Ini bisa menjadi pangkal masalah. Karyawan dengan tingkat self-respect dan intelegensi akan meninggalkan organisasi atau berusaha low profile di tempat kerja. Mereka yang ambisius akan mengatakan pada bos apa yang hanya ingin dia dengar. Pengusaha yang egois tidak bisa menilai karyawan berdasarakan kontribusinya pada perusahaan. Mereka akan menilainya dari sudut pandang suka dan tidak suka. Pengusaha yang demikian akan menjadi santapan kompetitor.

14. kemampuan untuk berbelok
Fleksibilitas dalam berpikir adalah kualitas kunci bagi pengusaha. Mereka harus bisa merubah pandangan dan strategi berdasarkan situasi yang terjadi. Untuk melakukannya, ego perlu dihilangkan. Jika Anda memiliki sifat yang demikian, Anda tidak akan mengakui kesalahan yang sudah Anda buat dan menolak untuk mempertanggungjawabkan keputusan Anda. Pengusaha yang egois terus menggelontorkan uang untuk proyek yang tidak memiliki harapan memberikan keuntungan. Salah satu contoh yang paling dikenal – yang masih diajarkan di sekolah bisnis – yang memiliki kemampuan untuk berbelok adalah Microsoft. Perusahaan ini tidak menghiraukan fenomena Internet saat mulai populer dipenjuru dunia. Setelah dua tahun mengabaikannya, Microsoft meninjau ulang posisinya dan “membelokkan perusahaan dalam sekejap.” Dalam melakukan perubahan, perusahaan berhadapan dengan teknologi baru, melakukan akuisisi, mengeluarkan produk baru, dan kini berada di garis depan revolusi Internet. Semua ini tidak akan pernah terjadi jika manajer puncak tidak fleksibel dalam melakukan pendekatan dan cukup rendah hati untuk mengatakan “Kami telah melakukan kesalahan dalam hal ini .”

15. Etika
Etika adalah faktor terbesar yang didengar prospek terhadap perusahaan untuk jangka panjang. Rekan – suplier, konsumen, karyawan, bankir, pemegang saham – tidak suka berhubungan dengan pengusaha yang tidak jujur. Mereka akan sulit menghilangkan sakit hatinya dan harus selalu waspada. Kejujuran dan etika adalah benih kepercayaan dan ketika orang lain mulai mempercayai Anda, banyak pintu yang akan terbuka.

SUMBER :